Sulteng Berduka, Wagub Sudarto akan Dimakamkan di TMP Tatura

Suasana saat jenazah Wagub Sudarto di RS Budi Agung akan dibawa ke rumah duka di Jalan Ahmad Yani, Sabtu (1/10/2016). (Foto: Trisno/Jurnalsulteng.com)

Palu, Jurnalsulteng.com - Masyarakat Sulawesi Tengah sangat berduka dan kaget atas meninggalnya Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sudarto, Sabtu (1/10/201) sore.

Dari masyarakat biasa hingga para pimpinan pemerintahan maupun petinggi TNI dan Polri di daerah ini, seakan tidak percaya atas kepergian Sudarto sebab hingga akhir hayatnya masih aktif dengan berbagai kegiatan pemerintahan. Bahkan siang tadi masih sempat membuka kegiatan Pramuka di RRI Palu.

Almarhum Wakil Gubernur (Wagub) Sudarto yang meninggal dunia Sabtu (1/10/2016) sekira Pukul 16.20 Wita, rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tatura Palu, Minggu (2/10/2016) Pukul 10.00 Wita.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, sebelum dimakamkan jenazah akan disemayamkan di Kantor Gubernur Sulteng di Jalan Sam Ratulangi Palu. Jenazah akan dilepas dengan upacara sipil dan militer.

Dandim 1306 Donggala, Letkol (Kav) I Gede Masa akan bertindak sebagai Komandan upacara.

Informasi yang diperoleh dari rumah duka petang tadi menyebutkan, Gubernur Sulteng Drs. Longki Djanggola akan bertidak sebagai Inspektur upacara. Namun bila tepat waktu, dijadwalkan Mendagri Tjahjo Kumolo yang akan bertindak sebagai inspektur upacara.

Prosesinya yang akan berlangsung, jenazah akan diserahkan oleh gubernur kepada Dandim 1306, kemudian diantar ke peristirahatan terakhir di TMP Tatura, Palu.

Berikut kronologis meninggalnya Wagub dua periode Sudarto yang juga mantan Bupati Banggai dua periode ini di usia 68 tahun:

Sekira Pukul 14.00 Wita, Sudarto beristrihat di kamar pribadinya di Rujab Wagub, Jln. Ahmad Yani No. 23 Palu. Saat sedang beristirahat tersebut, sudarto mengalami anfal dan sesak nafas.

Sekira Pukul 14.20 Wita, Sudarto dievakuasi ke RS. Budi Agung Palu di Jalan Maluku untuk mendapat tindakan medis.

Sekira Pukul 16.20 Wita, Gubernur Sulteng Longki Djanggola  menyampaikan bahwa Wagub Sudarto telah meninggal dunia.

Sekira Pkl 17.00 Wita, Sudarto dibawa ke rujab Wagub di Jalan Ahmad Yani No. 23 untuk disemayamkan.(***)

Rep/Red; Sutrisno

Subscribe to receive free email updates: