Meninggal Mendadak, Gubernur Disisi Sudarto saat Detik-detik Terakhir

Suasana di rumah duka almarhum Wagub Sudarto beberapa saat lalu. (Foto: Hamdi Anwar/FB)

Palu, Jurnalsulteng.com - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengatakan Wakil Gubernur Sudarto meninggal dunia secara mendadak pada Sabtu (1/10/2016) sore.

"Tadi masuk rumah sakit sekitar jam tiga sore. Saya juga langsung ke sana. Saya tanya sama dokter bagaimana kondisinya. Dokter bilang, sudah tidak bisa lagi," kata Longki di sela-sela melayat di rumah duka Jalan A Yani Kota Palu.

Menurut Longki dirinya masih sempat mendampingi Sudarto saat detik-detik terakhir ajal menjemput almarhum.

Longki mengatakan pendampingnya selama dua periode kepemimpinannya itu meninggal dunia karena serangan jantung.
"Kemungkinan besar jantung karena tiba-tiba saja terjadi," katanya.

Menurut Longki sebelum meninggal dunia, Sudarto masih sempat membuka kegiatan Pramuka di halaman RRI Kota Palu.
Saat ini jenazah Sudarto disemayamkan di rumah dinas Jalan A Yani setelah sebelumnya dilarikan ke Rumah Sakit Budi Agung.

Kabar meninggalnya Sudarto tersiar ke publik sekitar pukul 16.30 Wita.
Sudarto selama ini dikenal baik dan bersahaja. Ia pernah menjabat Bupati Banggai dua periode berturut-turut, setelah itu berkompetisi menjadi wakil gubernur berpasangan dengan Longki Djanggola pada periode 2011-2016.

Sudarto di akhir masa jabatannya pada periode pertama kembali mendampingi Longki pada pilkada serentak 2015 dan terpilih kembali untuk periode 2016-2021.

Semasa hidupnya, Sudarto pernah diamanahkan sejumlah jabatan penting diantaranya Bupati Banggai dua periode (1996-2006). Setelah itu dia kemudian terpilih menjadi anggota DPD RI Daerah Pemilihan Sulawesi Tengah 2009-2014.

Sebelum berakhir masa jabatannya di DPD, pria kelahiran Nganjuk, Jawa Timur pada 4 Desember 1948 itu dilamar oleh Longki Djanggola untuk menjadi calon wakil gubernur pada Pilkada 2011.

Nasib baik memihak kepada Sudarto setelah terpilih menjadi wakil gubernur periode 2011-2016. Hubungannya dengan Gubernur Longki Djanggola tetap berlangsung berlangsung sehingga kembali pasangan ini mencalonkan diri pada pilkada serentak 2015 dan terpilih kembali untuk periode 2016-2021.

Sebelum menjabat Bupati Banggai dua periode, Sudarto meniti karir di militer dengan pangkat terakhir Kolonel Infrantri. Almarhum juga mendalami ilmu di bidang humaniora hingga meraih gelar magister humaniora.

Sudarto meninggal dunia Sabtu sore setelah dilarikan ke Rumah Sakit Budi Agung sekitar pukul 15.00 Wita. Saat ini almarhum disemayamkan di rumah dinas wakil gubernur Jalan Ahmad Yani Kota Palu.(***)

Source; Antara

Subscribe to receive free email updates: