Puluhan Hektar Sawah di Bone Terancam Gagal Panen




BONEPOS, BONE - Puluhan hektar sawah milik petani kekeringan, di areal persawahan tadah hujan di Desa Samaenre, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Akibatnya sawah petani tersebut terancam gagal panen.

Informasi yang dihimpun, tanaman padi di areal persawahan tadah hujan tersebut baru berumur sekitar satu bulan. Bahkan kondisi padi sudah mulai menguning.

Menurut salah seorang petani A. Amir 56 tahun, bahwa tanaman padi yang sudah mengalami kekeringan di sawah tadah hujan tersebut sekitar 10 hektare dari luas areal 20 hektar.

Saat ini Kata Amir, kondisi tanah sudah retak-retak, dan padi daunnya sudah mulai menguning karena kekurangan pasokan air, padahal saat ini, tanaman padi sedang masa pertumbuhan dan sangat memerlukan banyak air.

“Sejak sudah menanam sekitar tiga minggu lalu, sampai sekarang belum pernah hujan lagi. Jika tidak cepat ditangani padi tersebut akan mati," ujar Amir kepada bonepos.com, Sabtu 14 Januari 2017.

Amir menjelaskan saat ini jenis tanaman padi yang mereka tanam adalah jenis tanaman 46, yang populer dikalangan para petani.


PEWARTA : AMRY AMAS
EDITOR : JUMARDI
COPYRIGHT © BONEPOS 2016

Subscribe to receive free email updates: